Gedung Baru DPRDSU Akan Dibangun

>>>Amani Waridi

MEDAN,JUMAT- Mengantisipasi pertambahnya jumlah anggota DPRD Sumut hasil Pemilu 2009 menjadi 100 orang, Pemprovsu akan membangun gedung baru yang lebih representatif.


“Rencana pembangunan gedung baru itu masih dalam tahap desain dan studi amdal. Namun anggarannnya sudah mulai ditampung secara bertahap di APBD 2008”, kata Sekretaris DPRDSU, Drs Ridwan Bustan menjawab wartawan, Jumat (31/10).

Gedung baru itu akan dibangun di lahan seluas 6.000 meter persegi, yang berlokasi diantara gedung lama dengan gedung DPRD Kota Medan. Gedung DPRD Sumut yang lama sendiri juga akan direhab dan diperluas.

Disebutkan, dalam APBD Sumut tahun 2008 dana awal pembangunan gedung itu sudah ditampung sebesar Rp16 miliar, disusul sebesar Rp40 miliar yang rencananya akan ditampung pada APBD Perubahan 2008.

Sekwan Ridwan Bustan sendiri belum bisa memastikan total anggaran yang dibutuhkan untuk membangun gedung baru tersebut. Maklum saja, tahapan saat ini masih dalam tahap desain dan studi amdal.

Pelaksana Ketua DPRDSU, Drs H Hasbullah Hadi SH,SpN pekan lalu juga mengatakan, rincian besaran anggaran yang dibutuhkan belum bisa dipastikan. Karena selain anggaran sebesar Rp56 miliar dari APBD 2008 dan APBD Perubahan 2008, kebutuhan anggaran tambahannya masih harus melihat progres pembangunan gedung baru itu sendiri.

“Tapi kita memperkirakan masih dibutuhkan dana sekitar Rp40 miliar hingga Rp45 miliar lagi yang akan dianggarkan dalam APBD 2009,” ujar Hasbullah Hadi.

Sementara ditempat terpisah, anggota DPRDSU Efendi Naibaho, mengatakan daerah itu belum memerlukan gedung baru untuk kantor DPRD, karena pemanfaatan gedung lama masih bisa dimaksimalkan.

“Yang dibutuhkan rakyat saat ini adalah kinerja wakil rakyatnya, bukan gedung baru yang megah,” katanya kepada di Medan, Jumat (31/10).

Dia menilai pembangunan gedung baru bukan skala prioritas dalam kondisi perekonomian dewasa ini. Maka kata dia, mumpung pembangunannya belum lagi dimulai, sebaiknya dibatalkan saja rencana itu. ***